Jumat, 20 Februari 2015

Sri Gethuk, Pesona Air Terjun di Bukit Kapur

Air terjun bagi sebagian orang adalah sebuah panorama yang sudah biasa, tapi air terjun yang satu ini adalah air terjun yang lain dari biasanya, Air terjun Sri Gethuk namanya. Air terjun ini berada di tepi sungai oya wilayah kecamatan Playen, kabupaten Gunung Kidul, DIY. Wilayah Gunung Kidul memang banyak yang mengaanggap kalau daerah ini adalah daerah gersang, karena memang sebagian besar wilayahnya berada di wilayah bukit kapur, tetapi anggapan itu tidaklah benar, karena di wilayah ini banyak pantai-pantai dan air terjun yang indah, air terjun Sri Gethuk salah satunya.  Lokasi air terjun Sri Gethuk berjarak sekitar 45 km dari kota Yogyakarta, untuk menuju kesini tidaklah terlalu sulit karena sudah banyak terdapat petunjuk arah menuju air terjun ini, dari kota Yogyakarta langsung saja menuju ke Jl.Wonosari – Piyungan – Patuk - Pertigaan Gading – Playen – Desa Bleberan. Sebelum mencapai lokasi air terjun akan melewati area hutan kayu putih milik Perhutani dengan kondisi jalan yang sudah cukup bagus.

Sesampainya di gerbang masuk wisata air terjun Sri Gethuk pengunjung diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang, harga ini sudah termasuk untuk dua obyek wisata sekaligus yaitu air terjun Sri Gethuk dan goa Rancang Kencono. Dari pos retribusi ini perjalanan masih dapat diakses menggunakan kendaraan sampai ke area tempat parkir. Lalu untuk menuju ke lokasi air terjun ada 2 pilihan, yaitu naik rakit dengan membayar seharga Rp 10.000 per orang atau yang ingin gratis bisa dengan berjalan kaki. Bagi saya jalan kaki adalah pilihan yang tepat, karena jaraknya juga tidak terlalu jauh, kurang lebih 500 meter.



Bagi pengunjung yang ingin memilih dengan jalan kaki tidak perlu khawatir, karena kondisi jalan juga sudah bagus, bahkan kita juga bisa menikmati pemandangan sawah dan pepohonan kelapa yang ada di sekitar. Sebelum sampai di lokasi air terjun kita harus sedikit hati-hati, karena akan melewati tangga yang lumayan curam, kondisi nya cukup licin pada saat musim hujan.


Oke guys, setelah kita melewati tangga yang lumayan curam, di depan mata kita sudah akan tamapak indahnya air terjun Sri Gethuk.



Sesampainya di air terjun, kita puas puasin buat main air, dan jangan lupakan untuk berfoto-foto sepuasnya di sekitar air terjun. Disini airnya sangat jernih dan seger banget, jadi jangan sampai untuk dilewatkan.





Kalau udah puas di air terjun, dan tiba-tiba kita lapar, jangan khawatir karena di sekitar lokasi air terjun banyak terdapat warung-warung yang menjual makanan.

Dan yang penting, dimanapun tempatnya jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya, kalau tidak ada tempat sampah bawalah sampah tersebut pulang, agar lingkungan kita tetap terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar